Beranda > Olahraga, Pencak Silat > PPS BETAKO Merpati Putih

PPS BETAKO Merpati Putih

PPS BETAKO MERPATI PUTIH , Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih merupakan  perguruan Pencak Silat asli Indonesia yang di dalam keilmuannya semua dapat dibuktikan secara ilmiah. Di Perguruan ini tidak ada kegiatan keilmuan yang menggunakan mantra atau klenik dengan meminta bantuan dari jin/makhluk halus, namun semua ilmu di perguruan ini didapat dari usaha sendiri yang memanfaatkan energy alam yang didapat dengan olah pernafasan yang akan meningkatkan tanaga dalam diri manusia. Secara normal sel dalam tubuh manusia menghasilkan zat yang bernama Adenosine Triphospate (A.T.P) yang merupakan cadangan energi dalam tubuh. Maka dengan bantuan teknik olah nafas, tenaga tersembunyi manusia itu dapat di latih untuk diperoleh dan dikumpulkan di dalam tubuh.

Sejarah

Merpati Putih didirikan pada Tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta tepatnya di daerah Kelurahan Bumijo oleh Pewaris sekaligus Guru Besar Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Santoso Budi Purnomo (Mas Boed) sedangkan Sang Guru adalah Bapak Saring Hadi Poernomo yang tak lain adalah ayah sekaligus guru dari Mas Poeng dan Mas Boed. Pada awal berdiri Merpati Putih hanya melatih pemuda-pemuda di daerah sekitar Kelurahan Bumijo.  Sebenarnya ilmu dari Merpati Putih merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang yang pada awalnya merupakan ilmu keluarga keraton yang diwariskan secara turun-temurun yang pada akhirnya atas wasiat sang guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud agar dapat berguna bagi nusa bangsa dan negara.

Tahun 1968 pendiri perguruan sekaligus Guru Besar dan Pewaris (Mas Poeng dan Mas Boed) mencoba mengembangkan sayap dengan dibentuknya cabang pertama Madiun JawaTimur. Selanjutnya pihak militer juga mulai ditembus dan berhasil. Dari hasil peragaannya mendapat kehormatan melatih seksi I Korem 072 dan Batalyon 403/Diponegoro di Yogyakarta.  Ketika itu  suasana memasuki era Orde baru. Namun berita duka dating disaat Sang Merpati sedang mengepakkan sayapnya. Pada Tahun 1969 atau tepatnya 2 April 1969 Sang Guru Sarengat Hadi Poernomo wafat. Tahun 1973 Merpati Putih mendapat undangan untuk diadakan penelitian dari segi-segi yang menyangkut metode latihan yang diselenggarakannya. Penelitian di AKABRI udara ditangani langsung oleh tenaga-tenaga ahli, antara lain Prof. Dr. Achmad Muhammad Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM dibantu beberapa ahli lainnya dari AKABRI udara sendiri. Hasilnya menggembirakan dan ini mendorong pengembangan yang lebih luas wawasan Merpati Putih.Di Ibukota Jakarta pada tahun 1976 mendapat kehormatan melatih para anggota Pasukan Pengawal Presiden(PasWalPres). Tahun 1977 komisariat cabang Jakarta dibentuk, dan mendapat peluang melatih para anggota Koppasandha di Cijantung sampai para anggota Kopassandha (Sekarang KOPASSUS) sanggup memperagakan keahliannya pada kemeriahan acara peringatan HUT ABRI 5 Oktober 1978.

Hingga saat ini Merpati Putih telah tersebar di seluruh pelosok tanah air  bahkan menyebar sampai ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Jepang dan Belanda. Banyak kesatuan elite di TNI yang menggunakan ilmu PPS Betako Merpati Putih untuk membekali anggotanya diantaranya adalah KOPASSUS, bahkan saat ini di beberapa kesatuan Brimob (: seperti http://brimobpoldakaltim.com/tag/merpati-putihhttp://brimobbabel.blogspot.com/2011/04/sat-brimob-babel-merayakan-ulang-tahun.html)  juga menggunakan ilmu dari Merpati Putih untuk membekali anggotannya.

Terima Kasih kepada :

http://merpatiputih.or.id

http://silatindonesia.com

Tunggu tulisan berikutnya mengenai getaran, salah satu keilmuan di Merpati Putih.
Salam Perguruan !!!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: