Beranda > Olahraga, Sepak bola > Alasan Duel El-Clasico Menjadi Duel “Panas”

Alasan Duel El-Clasico Menjadi Duel “Panas”

Duel El-Clasico adalah duel dua tim dari Spanyol yang “ mengemparkan” dunia bola internasional, mengapa demikian, ini alasannya :

  1. Real Madrid dan Barcelona tak pernah ternoda dengan status mereka sebagai klub raksasa Eropa. Keduanya tak pernah merasakan terdegradasi di liga domestik.
  2. Duel dua pemain terbaik dan dua pelatih terbaik di dunia (saat ini). Di kubu Madrid ada Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho. Sedangkan di kubu Barcelona ada sosok Lionel Messi dan Josep Guardiola. Tak heran jika duel Madrid kontra Barca selalu mengerucut pada keempat sosok di atas.
  3. Status Real Madrid sebagai penguasa sepakbola dunia. Los Blancos saat ini tercatat sebagai klub tersukses dengan torehan 74 trofi. Barcelona berada di posisi kedua dengan 72 trofi. Namun dipentas Eropa, Madrid lebih mentereng dengan sembilan trofi Champions League sedangkan Barca dengan empat trofi.
  4. Alasan politik. Bukan rahasia jika duel Madrid kontra Barcelona ibarat perang antara pemerintah dengan pemberontak. Madrid simbol dari negara Spanyol sedangkan Barca adalah bangsa Catalan yang ingin merdeka. Tak heran jika di Catalunya, Barcelona dianggap bukan hanya sebuah klub, namun lebih sebagai simbol perjungan rakyat Catalan.
  5. Selama perang sipil di Spanyol pada 1936, intimidasi pemerintah Spanyol terhadap Barcelona mencapai puncaknya. Presiden Barca saat itu, Josep Sunyol ditangkap dan dieksekusi mati atas intruksi diktator Spanyol, Francisco Franco. Tak hanya itu, banyak pemain-pemain Barcelona saat itu yang juga ikut berperang melawan kekuatan militer Spanyol.
  6. Kepindahan Luis Figo. Sosok Figo memang bukan orang pertama yang memulai eksodus pemain Barcelona ke Real Madrid. Namun tak bisa dipungkiri jika kepindahan Figo tetap dianggap punya pengaruh besar atas rivalitas Barca dan Madrid. Gelandang Portugal ini adalah ikon sekaligus pahlawan Barcelona setelah sukses memberikan dua gelar liga di akhir 1990an. Namun di tahun 2000, Figo secara mengejutkan hijrah ke Madrid. Hal itu membuat fans Barca marah.

Tak heran, saat ia menjalani pertandingan pertama di Camp Nou dengan kostum Madrid, sambutan ‘luar biasa’ diberikan pendukung tuan rumah. Botol plastik kosong dilempar, Figo masih tersenyum. Botol bir dilempar, senyum Figo mulai lenyap. Puncaknya, kepala babi dilempar fans Barca yang membuat Figo naik pitam. Kenangan inilah yang ikut andil mengobarkan api permusuhan kedua klub Spanyol ini.

Sumber : http://kanalbola.vivanews.com/news/read/271138-el-clasico–dari-sejarah-hingga-kepala-babi

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: