Beranda > Jogja, Wisata > Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Mungkin banyak yang mengira daerah Kabupaten Gunung Kidul hanyalah daerah yang sulit air. Namun ternyata justru di Perbukitan Gunung Kidul Terdapat air terjun yang sangat menarik, Air Terjun Sri Gethuk namanya atau masyarakat sekitar menyebut sebagai “Slempret”. Terletak di  Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, atau sekitar 40 km dari Yogyakarta.  Mempunyai tinggi hanya 50 meter tidak mengurangi indahnya panorama di Air Terjun Sri Gethuk. Letaknya yang juga berada di tepi aliran Sungai Oya dan juga dikelilingi areal persawahan yang hijau semakin menambah nuansa alami.  Namun sayangnya ekstremnya akses jalan menuju lokasi ini membuat tidak ada angkutan umum yang beroprasi di daerah ini. Untuk measuk ke ogjek wisata Air Terjun Sri Gethuk, harga tiketnya Rp3000,- sedangkan tarif sewa perahu Rp5000,- per orang. Apabila ingin bermain air di sungai, anda dapat sewa ban untuk berenang dengan tarif Rp2000,-.

Saat sampai di obyek wisata alami ini Anda akan disuguhi pesona alam Gunung Kidul yang indah, diiringi gemercik air yang tentunya masih jernih. Namun sebelum sampai di lokasi ini Anda harus menempuh perjalanan yang “menantang” . Rute pertama yang harus dilewati adalah Goa Rancang Kencana. Dari goa ini, pengunjung bisa berjalan menuju air terjun atau bisa diantarkan dengan fasilitas kendaraan pick up atau bak oleh pengelola tempat wisata hingga di tepi Sungai Oyo. Sepanjang rute menuju ‘Slempret’, pengunjung akan dibawa melintasi jalanan berbatu terjal dengan tikungan yang cukup menguji adrenalin. Dalam waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan pick up, pengunjung akan sampai di sebuah tempat singgah yang menyediakan makanan dan minuman serta sebuah kolam tempat memancing ikan. Dari tempat tersebut, pengunjung baru bisa mencapai air terjun Sri Gethuk dengan menuruni rute persawahan yang terjal, kemudian melanjutkan dengan perjalanan dari tepi sungai Oyo menuju air terjun yang berjarak tak lebih dari sepuluh menit dengan menggunakan perahu karet atau dengan menggunakan perahu gethek.

Dikarenakan potensi wisata dari obyek ini maka pemerintah akan mengembangkan menjadi sebuah obyek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, bumi perkemahan, situs purbakala, dan pemacingan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul itu.

Namun bukan Indonesia namanya jika tidak ada kisah mistis dibalik sebuah tempat. Konon, keberadaan air terjun Sri Gethuk merupakan lokasi pasar jin. Di malam-malam tertentu, masyarakat sering mendengar bunyi-bunyian seperti slompret dari arah air terjun itu. Tapi jika suara itu didekati, suara tersebut akan menghilang. Makanya masyarakat menyebutnya air terjun Slompret. Warga percaya, gamelan itu dibunyikan oleh para jin yang suka kesenian dan milik dari Angga Mandura, nama dari raja jin Slempret. Tujuh Gua Tak jauh dari lokasi air terjun Sri Gethuk, terdapat setidaknya tujuh gua. Masing-masing gua Rancang Kencana, Ngledok, Dlingsem, Dilem, Song Ngoya, Tunting dan Jati Udeng.Sedangkan untuk nama Sri Gethuk diambil dari nama instrumen gamelan yang dipergunakan Jin Angga Mandura yakni Kethuk. Untuk itu, hingga kini tempat yang diyakini sebagai lokasi menyimpan gamelan kethuk itu disebut dengan Sri Gethuk. Namun semua itu tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk :

Pemandangan Air Terjun

Naik Perahu

Sungai Oya

Tiket Masuk dan Karcis Parkir

Demikin Semoga Bermanfaat🙂

Kategori:Jogja, Wisata
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: