Beranda > Jogja > Kuliner Malam Di Jogja

Kuliner Malam Di Jogja

Kuliner Malam Di Jogja-Rasa lapar mungkin dapat datang kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore ataupun tengah malam. Nah untuk Anda yang berada di Jogja tidak perlu khawatir jika pada malam hari / tengah malam rasa lapar itu datang. Sangat mudah menemukan kuliner malam di Jogja, sebut saja di sepanjang Jl. Urip Sumoharjo, trotoar Malioboro, Jl. Magelang dan hampir semua trotoar di Jogja beralih fungsi sebagai pusat kuliner malam. Menu-menu yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari makanan khas Jogja yaitu gudeg , menu-menu angkringan hingga soto. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tempat wisata kuliner malam di Jogja.

Gudeg Pawon 

Sesuai dengan namanya, di warung makan ini semua hidanganya disajikan di pawon (dapur). Di tempat ini Anda tidak menemukan nuansa  “normal” warung makan pada umumnya. Karena semua pembeli dan penjualnya menjadi satu di dalam pawon, tempat gudeg dimasak. Berlokasi di Jl. Dr. Soepomo atau Jl. Jaturan No. 36-38 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Gudeg pawon mulai buka jam 23:30. Jika Anda mencari lokasi gudeg pawon maka setelah Anda melalui Jl. Dr. Soepomo carilah rumah dengan banyak kendaraan terparkir di depannya, karena warung makan ini belum memiliki papan nama.

Berikut rincian harganya (kalau belum naik):
Nasi + Gudeg + Ayam = Rp. 10.000

Nasi + Gudeg + Telor = Rp. 5.000

Teh Panas = Rp. 2.000

Parkir = Rp. 1.000 /montor

Denah lokasi gudeg pawon

Suasana Warung

Menu

Soto Sampah 

Memang aneh rasanya jika menyantap soto di malam hari. Namun entah karena faktor apa yang membuat warung ini ramai pengunjung di atas jam 22.00. Soto sampah terletak di Jl. Krangan depan SPBU Kranggan. Ada yang menyebut warung ini dengan soto becak, soto sumuk(berkeringat) soto demit dan soto sampah. Sama seperti soto di tempat lain, soto ini juga berisi kol, tauge, dan juga bihun. Bedanya soto ini tidak menggunakan daging, melainkan menggunakan lemak sapi, selain itu penyajiannya menggunakan piring bukan mangkuk. Inilah yang membedakan soto sampah dengan soto lainnya.

Soto sampah ini sebenarnya buka 24 jam.  Namun, warung soto ini biasanya ramai pengunjung di atas 22.00 hingga subuh. Soto yang dijual dengan harga R. 4.000 ini, sejak tahun 1970 sudah memiliki banyak pelanggan.  Bahkan pakar kuliner Bondan Winarno pernah mencicipi soto ini.

Kopi Jos ( Wisata Angkringan Utara Stasiun Tugu)

Jika Anda berada di Jogja jangan lupa untuk berkunjung di tempat wisata angkringan. Lokasinya berada di utara Stasiun Tugu, Bila Anda dari arah utara langsung saja menuju perempatan tugu, kemudian ke arah selatan (Jl. Mangkubumi), sebelum tikungan ke arah kota baru atau Jl. Malioboro Anda belok kanan dan cari lokasi yang banyak gerobak angkringan maupun sepeda montor yang terparkir. Di tempat ini tersedia banyak menu Khas Angkringan seperti Nasi Kucing (Sego Kucing), Susu Jahe, Sate Usus, Sate endog dan masih banyak lagi. Namun di tempat ini terdapat menu khasnya yaitu Kopi Jos. Kopi Jos merupakan  kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Tak usah khawatir itu hanya mitos, sebab Kopi Joss lahir dari penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man. Diberi nama Kopi Jos karena suara nge-jos saat arang yang panas dimasukan ke dalam segelas kopi. tampat ini juga dapat dijadikan tempat mahasiswa, komunitas cyber seperti blogger danchatter, wartawan, seniman, budayawan, tukang becak, hingga penjaja cinta bisa berbincang santai. Angkringan yang paling terkenal di sini adalah Angkringan Lek Man.

 

Sumber : CityGuide Magz edisi II Agustus 2011
http://yogyes.com 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: